Haul Guru Sekumpul dan Pernak-Perniknya

Ahmad Sidik
By -
Guru Sekumpul yang bernama asli Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari (lahir di Tunggul Irang, Martapura, 11 Februari 1942 – meninggal di Martapura, 10 Agustus 2005 pada umur 63 tahun) adalah salah seorang ulama dan tokoh yang sangat kharismatik dan populer di pulau Kalimantan. 

Guru Sekumpul merupakan keturunan ke-8 dari ulama besar Banjar, Maulana Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al Banjari. Adapun silsilahnya adalah: Muhammad Zaini bin Abdul Ghani bin Abdul Manaf bin Muhammad Seman bin Muhammad Sa’ad bin Abdullah bin Mufti Muhammad Khalid bin al-Alim al-Allamah al-Khalifah Hasanuddin bin Syaikh Muhammad Arsyad bin Abdullah al-Banjari.
 
 
Setelah wafatnya guru sekumpul. Hampir tiap tahun diadakan uaulan dan jamaah yang hadir dalam acara tersebut pun selalu bertambah dari tahun ketahun pelaksanaan haulan tersebut.
 
Jutaan lautan manusia berhadir memenuhi area disekitar sekumpul bahkan hampir seluruh kota Martapura tumpah ruah hingga ke kota tetangga, Banjarbaru. Tak hanya dari dalam negeri, Jamaah dari luar negeri pun berhadir dalam acara haulan ulama Kharismatik asal Banjar itu. 
Kejadian yang unik dalam tiap pergelaran Haulan tersebut adalah munculnya para orang orang baik,dermawan, relawan bahkan para jutawan. Mereka seakan-akan berlomba-lomba melayani dan menyambut para jamaah yang berhadir. Mulai dari menyediakan dapur umum makanan gratis, menginap gratis, bengkel gratis dan masih banyak lagi sambutan-sambutan yang ramah dari para relawan atau warga martapura.
 
 
Tak hanya itu, disepanjang jalan saat menuju ke Sekumpul, posko-posko relawan pun sudah berdiri megah siap menyambut para jamaah, baik yang datang dari arah Hulu sungai kota Martapura, dari arah Tanah Laut, Tanah Bumbu dan dari arah Kota Banjarmasin. Tak hanya itu para pedagang-pedagang kecil pun siap meramaikan di setiap haulan digelar.
 
 
Bahkan Pemerintah provinsi melalui Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Banjar, siap menyambut dan memberi informasi kepada para jamaah Haul Abah Guru Sekumpul yang datang menggunakan angkutan udara di Tourist Information Center ( TIC ) / Pusat Informasi Pariwisata milik Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan di ruang kedatangan Bandara Syamsudin Noor.
 
Haul Guru Sekumpul bahkan dicanangkan menjadi event Wisata Relegi terbesar di Asia Tenggara bahkan bisa jadi terbesar di Dunia. Amiinn...