Masih Berani Memakai Narkoba, ini Bahaya Narkoba dan Efek Buruknya

Ahmad Sidik
By -

 


Slogan "Say no To Drug' memang sudah selayaknya gencar untuk di kampanyekan dan di kobar-kobarkan. Karena banyak imbas negatif yang bisa didapatkan karena mengonsumsi obat-obatan terlarang atau narkoba.

Narkoba adalah zat atau obat yang bersifat sintetis dan alami. Dari segi ilmiah, obat ini sebenarnya merupakan zat baik, tetapi efeknya bisa sangat buruk bila disalahgunakan.

Sebagai contoh baik, beberapa jenis obat yang tergolong sebagai narkotika bahkan digunakan dalam pengobatan karena efeknya yang menenangkan. Sayangnya, obat-obatan ini juga bersifat sangat adiktif, sehingga membuat pemakai kecanduan.

Mereka yang kecanduan memakai narkoba biasanya memanfaatkan obat terlarang itu untuk melarikan diri dari dunia nyata.

Berikut adalah bahaya narkoba dan efek samping buruknya bagi kesehatan.

1. Halu. Bahaya narkoba ini biasanya dirasakan dari obat-obatan jenis alami seperti ganja dan koka.

Efeknya membuat kepala terasa berat dan biasanya diikuti dengan muntah-muntah dan rasa takut yang berlebih. Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang sangat banyak, obat ini dapat mengakibatkan kelumpuhan pada seluruh organ tubuh bagian dalam.

2. Kesadaran Menurun. Salah satu efek samping narkoba yang memprihatinkan adalah turunnya tingkat kesadaran.

Kamu akan merasa lebih sering mengantuk, gagal fokus, sering bingung, serta pingsan Jika mengkonsumsinya. Hilangnya kesadaran juga bisa membuat kita susah mengenal lingkungan sekitar, atau orang-orang yang dikenal.

3. Perubahan Prilaku. Narkoba dapat merusak saraf dan sel-sel di dalam tubuh. Zat-zat adiktif tersebut bisa membuat kita kejang-kejang dan berperilaku agresif tanpa sebab.

Sebuah studi membuktikan bahwa pemakai narkoba cenderung lebih cepat marah dan sensitif terhadap perkataan orang di sekitarnya.

4. Dehidrasi. Bahaya narkoba selanjutnya adalah membuat tubuh dehidrasi. Saat obat-obatan terlarang masuk ke dalam sistem tubuh, keseimbangan elektrolit akan terganggu dan berkurang.

Alhasil, tubuh akan kekurangan banyak cairan. Dehidrasi parah bisa berakhir dengan kejang-kejang dan sesak pada dada bahkan bisa sampai kehilangan nyawa.

5.Beresiko Penyakitan. Rentannya tubuh terhadap serangan penyakit merupakan salah satu bahaya narkoba bagi kesehatan. Efek samping ini tidak hanya dirasakan saat memakai, tetapi bertahun-tahun setelah memakainya.

Pencandu narkoba akan lebih sering sakit dan bisa terserang beragam komplikasi penyakit seperti kanker, tumor, dan HIV AIDS dan sekarang yang lagi mewabah, yakni covid-19.

Selain itu, zat-zat narkoba yang mengalir di dalam darah juga bisa membuat kita cepat lemas. Tubuh akan terasa tidak fit walaupun sedang tidak memakai. (sd)

Tags: