Kalalapon atau Klepon Jadi Kontroversi, Ini Faktanya

Ahmad Sidik
By -

Dilansir dari berbagai Sumber, Kalalapon atau Klepon sedang ramai dibicarakan beberapa hari yang lalu. Jajanan pasar lezat berisi gula merah dan dilapisi kelapa parut ini juga sempat menduduki trending topik nomor lima di Twitter.


Terlepas dari kontroversi yang tengah terjadi, klepon memiliki manfaat untuk menggantikan energi yang hilang setelah berolahraga. Dengan harga yang murah serta mudah didapatkan di pinggir jalan raya. Terkhusus bagi kalian warga Martapura, Banjar.


Ini Fakta tentang Kalalapon atau klepon;


1. Dipercaya sebagai pengganti energi yang hilang, kue klepon juga bisa dijadikan 'bahan bakar' ketika berolahraga. Caranya, dimakan sebelum berolahraga, Maka rasakanlah khasiatnya.


2. Klepon telah ada sejak tahun 1950-an, konon klepon ini diperkenalkan oleh indo-imigran dan berasal dari kota Pasuruan, Jawa Tengah. Jajanan ini kerap menjadi menu di restoran Indonesia-Belanda dan juga etnis Tionghoa. Dan sekarang menjamur hingga ke Martapura.



3. Banyak Filosofinya, Selain memiliki rasa yang enak, dan sensasi nikmat di mulut berkat lelehan gula merahnya, klepon juga memiliki banyak filosofi, lho. Salah satu contohnya adalah klepon melambangkan kesederhaan, di mana klepon terbuat dari bahan-bahan sederhana yang kemudian menjadi sesuatu yang istimewa.



4. Kandungan gizi yang tinggi, Klepon atau kue berwarna hijau berselimut kelapa ini memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kandungan gizi klepon ini memiliki manfaat baik bagi kesehatan, bahkan bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Tidak kalah bergizi nya dengan Kurma.



5. Tubuh jadi Kebal. Klepon yang berisi gula jawa atau gula merah ini ternyata dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan harga yang murah, kamu bisa kebal lho. hehe

 

#SaveKlepon

#SaveKurma