Manfaat Cireng Untuk Menyembuhkan Penyakit

Ahmad Sidik
By -



Cita rasa yang enak, serta harganya yang juga tergolong murah membuat cireng tidak hanya dinikmati di tempat asalnya saja, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh Indonesia.

 

Cireng dibuat dengan bahan-bahan sederhana, seperti telur, tepung dan variasi bumbu lainnya. Namun kesederhanaan itulah yang membuatnya pupoler. Lagipula, cireng tidak hanya lezat, namun juga bermanfaat bagi tubuh

 

Tak hanya nikmat rasanya, ternyata Cireng juga bisa menyembuhkan sakit maag. Makanan Khas Jawa Barat yang terkenal nikmat ini dibuat dari bahan utama tepung tapioka aatu kanji, di dalam tepung tapioka tersebut terkandung pati yang memiliki sidat basah.

 

Hal itu sangat bagus untuk lambung atau pencernaan dengan menetralisir asam. selain itu, tepung kanji juga bisa membantu dan menebalkan kembali lapisan lambung secara alami yang diakibatkan oleh peradangan lambung. Tak hanya mengatasi Maag, Cireng juga punya banyak lagi manfaatnya.


1 . Pelancar Sirkulasi Darah. Salah satu keunggulan cireng adalah kandungan zat besinya yang tinggi. Tubuh kita sangat memerlukan yang namanya zat besi tersebut untuk membantu menghasilkan sel darah merah yang baru, mencegah anemia serta membantu dan mengangkut sirkulasi oksigen ke paru-paru dan otak.

 

Selain itu, cireng juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengendalikan sirkulasi darah serta sangat baik untuk sistem kardiovaskular.

 

2. Menguatkan Tulang. Salah satu manfaat lain dari cireng adalah menguatkan tulang. Cireng mengandung vitamin K dan Kalsium yang membantu mencegah osteoporosis serta osteoarthritis. Osteoporosis adalah peristiwa rapuhnya tulang karena terkikis yang berkembang sesuai penambahan usia.

 

Sedangkan osteoarthritis menurut alodokter.com adalah peradangan kronis pada sendi akibat kerusakan pada tulang rawan. Osteoarthritis adalah jenis arthritis (peradangan sendi) yang paling sering terjadi. Kondisi ini menyebabkan sendi-sendi terasa sakit, kaku, dan bengkak.

 

3. Menjaga sistem metabolisme tubuh. Satu lagi, cireng juga mampu menjaga sistem metabolism tubuh kamu karena mengandung protein berbasis nabati.

 

Studi mengatakan bahwa saat kita makan protein berbasis nabati lebih kenyang ketimbang yang hewani atau daging, karena kandungan serat mereka. Hal ini akan membuat Metabolisme tubuh akan terjaga sepanjang hari.