Resensi Buku: Cerpen Doa Ibu Karangan Sekar Ayu Asmara

Ahmad Sidik
By -

 


Salah satu goncangan yang menyebabkan terjadinya perpecahan dalam kehidupan rumah tangga adalah adanya perselingkuhan yang dilakukan oleh salah satu pihak atau kedua belah pasangan. Perselingkuhan ini terjadi jika suami atau isteri yang telah terikat di dalam perkawinan menjalin hubungan dengan laki-laki atau wanita lain.

Perselingkuhan ini sering berakhir pada perceraia. Dengan terjadinya perceraian tersebut maka hancurlah mahligai rumah tangga yang telah terbina, sepertinya halnya yang terkandung dalam buku Doa Ibu karangan Sekar Ayu Asmara ini.

Buku ini bercerita tentang keteguhan dan pengalaman hidup yang dialami Ijen sebagai tokoh utama dalam buku ini. Keteguhan hati tersebut terkadang harus dapat dipertahankan di tengah realita kehidupan yang silih. Ijen harus dapat mempertahankan segala sesuatu terlebih yang menyangkut kepercayaan dan pedoman hidupnya.

Ijen sebagai tokoh utama dalam buku ini juga memiliki kelebihan di balik keteguhan hatinya, dia masih suka memikirkan nasib teman-temannya meskipun dia sendiri hidup menderita karena harus menjalankan rutinitasnya yaitu sebagai pelukis.

Kehidupan pelukis Ijen banyak dihadang berbagai macam keanehan. Dimulai dari resepsi pernikahan sahabatnya, Khaled. Sang Pengantin wanita, Dewanti menghilang begitu saja dari pelaminan. Pencarian Dewanti membawa Ijen ke dalam perjalanan yang membuatnya semakin sesat dalam ketidakpastian.

Kehilangan membuat Khaled khilaf dan memutuskan untuk bunuh diri. hingga akhirnya Khaled mengalami koma. Ijen telah berjanji pada sahabatnya itu untuk menemukan Dewanti. namun dalam pencariannya ia justru semakin menemukan keganjilan demi keganjilan.

Ketiga sahabat Ijen lainnya yaitu Rajiv, Giok Nio dan Cepol turut membantu Ijen dalam mencari Dewanti. Namun, dalam pencarian itu Rajiv dan Cepol turut menghilang begitu saja dengan misterius dan disaksikan sendiri oleh Ijen. Satu per satu sahabatnya pun turut lenyap tak berbekas.

Tak hanya tentang Ijen saja. Ada juga kisah cinta seorang Madrin, seorang Ibu yang baru saja ditinggal mati suaminya. Dan kematian suaminya seakan membuka kunci rahasia-rahasia yang selama ini disembunyikan suaminya.

Di hari suaminya meninggal, seorang perempuan beserta anak kecil datang melayat dan ternyata perempuan itu adalah selingkuhan suami Madrim

Jangan tertipu dengan judul buku ini. Dari covernya sudah jelas bahwa Doa Ibu akan menyajikan sesuatu yang misterius. Selain itu, buku ini mendapatkan kategori dewasa,  yang berarti ceritanya terlalu rumit untuk dipahami anak-anak dibawah umur kekerasan yang berlebih  ataupun vulgar. Bahasa yang digunakan tidak jarang indah dan puitis.

Membaca kisah dalam buku ini seperti membagi hati menjadi berbagai suasana Dan ini sangat menarik. Ada kalanya penuh tanda tanya dan tak jarang merasa ngeri sendiri saat membacanya.