Tips Memulai Usaha Rumah Kost Biar Cuan Tiap Bulan

Ahmad Sidik
By -


 

Banyaknya pendatang dan perantau dari kampung ke kota mendorong permintaan tempat tinggal yang tinggi dengan opsi kos-kosan atau rumah kontrakan. Tidak ada salahnya anda untuk berpikir memulai bisnis kos-kosan.

Membuka bisnis kos-kosan membuatmu bisa memperoleh pendapatan pasif dan berulang dari penyewa yang bekerja atau mahasiswa yang kuliah di dekat lokasitemapt rumah kosmu.

Nah buat kamu investor muda, tingginya permintaan ini menjadi potensi sebuah kos kosan lebih cepat terisi penuh dibandingkan mencari penyewa sebuah rumah.

Maraknya bisnis kos-kosan dipicu karena tingginya permintaan akan tempat tinggal. Misalnya banyak seorang mahasiswa yang sedang melanjutkan pendidikan di kota atau seseorang fresh graduate yang baru meniti karir, tentu saja membutuhkan tempat tinggal yang nyaman dengan harga yang terjangkau.

Cara Memulai Bisnis Kos-kosan

Kamu ingin membangun bisnis rumah kost, namun bingung bagaimana cara memulainya. Simak beberapa strateginya berikut ini.

Memilih Lokasi dan Bangunan

Baik membangun sendiri ataupun membeli rumah kost jadi, maka harus mengenali dan memperhatikan setiap detail bangunan tersebut. Pastikan bahwa kondisi bangunan layak untuk ditempati, sehingga kamu tidak perlu melakukan renovasi penuh ulang.

Selain itu, jika membelinya dari orang lain, baik itu perorangan maupun pengembang, ada baiknya untuk mengecek segala hal terkait legalitas bangunan. Jangan sampai, kamu membeli bangunan sengketa

Nah, jika kamu membeli tanahnya saja, pastikan kontur tanahnya juga bagus dan kokoh, tidak mudah longsor dan banjir.

Bangun Dengan Konsep Yang Unik

Strategi bisnis kos-kosan untuk menarik minat para calon penghuni, akan lebih baik jika kamu membangun rumah kost dengan desain yang menarik dan unik.

Alangkah baiknya membuat konsep yang menarik, sesuai dengan target konsumen. Sehingga, kamar kos-kosan yang akan ditawarkan memiliki target konsumen tersendiri. Jangan sampai menggunakan konsep yang sembarangan.

Misal saja hunian dengan konsep industrial dan minimalis akhir-akhir ini sedang banyak diminati karena dianggap aesthetic.

Pilih lokasi strategis

Tips bisnis kos-kosan selanjutnya adalah memilih lokasi strategis. Dalam hal ini, strategi yang dimaksudkan adalah dekat dengan perkantoran, sekitar Bandara,  sekolah atau kampus. Semakin strategis lokasi, maka akan ada banyak calon penghuni mengincarnya.

Fasilitas Kos-kosan

Selain fasilitas kamar kos, maka juga wajib memperhatikan berbagai fasilitas lainnya, seperti penyediaan WiFi gratis, layanan laundry dan catering. Hal tersebut akan membantu kamu dalam persaingan kamar kos-kosan dengan kompetitor.

Karena kamu akan kesulitan dalam menarik calon penghuni kos jika tanpa adanya fasilitas tambahan. Terlebih lagi, saat ini juga sudah banyak kos-kosan yang sudah menyediakan layanan WiFi gratis.

Riset Harga Kos-kosan

Sebelumnya, kamu harus melakukan riset di setiap lokasi dan perbandingkan harganya, hal ini dilakukan agar bisa mendapatkan harga standar yang paling baik. Kalau kamu bisa meminimalisir modal untuk bisnis kos-kosan maka balik modal juga menjadi lebih cepat.

Promosikan Kos Kosan

Pastikan juga mengiklankan bisnis kos kosan mu di media online. Di zaman era teknologi ini, masyarakat melakukan jual beli di media online.

 

Saat seseorang ingin mencari sesuatu, maka orang tersebut pasti melakukan browsing terlebih dahulu. Untuk itu, pastikan terdapat iklan yang tayang secara online. Misal via Instagram, Tiktok, Facebook, Youtube dan Website.