Membuat Taman Mini Di Pekarangan Rumah, Simak Ulasannya

Ahmad Sidik
By -


Sobat blogger- Jika saat ini kamu sudah punya rumah tapi bingung dengan area depan rumah yang masih kosong? Salah satu hal menyenangkan dalam mempersiapkan rumah sendiri adalah merancang taman hijau di depan atau belakang rumah.

Kamu dapat menanam tanaman dengan bunga-bunga harum atau kebun sayur yang dapat dipetik untuk disantap dari taman rumah.

Musim kemarau atau hujan, tidak ada alasan untuk menunda pembuatan taman impian. Dengan pengorbanan sedikit tangan dan baju kotor serta semangat besar untuk memiliki taman impian, proses ini akan jauh lebih menyenangkan bagi kamu yang mencintai tanaman.

Tips paling sederhana dalam pembuatan taman rumah adalah memulai dari hal kecil. Ada potensi gagal dalam panen sayuran atau buah dari taman kecil di pekarangan rumah.

Pengertian Taman

Bisa diartikan bahwa taman adalah sebuah tempat yang digunakan untuk kesenangan dan dijaga keberadaannya.

Sedangkan dalam pengertian terbatas, taman merupakan sebidang lahan yang ditata sedemikian rupa sehingga terlihat menarik juga memanjakan mata dan kenyamanan rumah bagi para pemiliknya.

Cara Mudah Membuat Taman Depan Rumah

Menghitung Luas Lahan yang Tersedia

Sebelum mulai membuat taman depan rumah, kamu harus menghitung luas lahan yang tersedia. Hal ini penting agar taman yang  di inginkan bisa sesuai dengan ketersediaan lahan yang ada di area rumah.

Konsep dan Denah Taman

Konsep taman seperti apa yang kamu inginkan? Agar lebih mudah menentukannya, sesuaikanlah konsep taman dengan tema keseluruhan rumah. Hal ini penting untuk mengharmonisasikan konsep rumah milikmu.

Sebelum mulai membangun taman, buatlah denah kasar tata letak elemennya terlebih dahulu. Idealnya, area untuk tanaman hijau minimal adalah sepertiga luas lahan.

Kemudian baru bisa meletakkan elemen lain seperti kolam kecil, meja outdoor, dan lainnya.

Pilih Jenis Tanaman

Pahami kondisi taman depan rumah yang ada dan sesuaikan dengan keinginanmu.

Taman depan rumah harus bisa menjadi representasi cita rasa dan selera pemilik rumah, sebuah tempat dimana anggota rumah bisa bebas beraktivitas dan merasa senang dengan hasil akhir taman depan rumah.

Untuk mendapatkan inspirasi tentang jenis taman depan rumah yang diinginkan, coba gali inspirasi dari internet, media sosial dan ide-ide taman lain yang pernah kamu lihat di jalanan atau komplek perumahan.

Pemilihan tanaman untuk taman depan rumah tidak boleh dianggap remeh. Jangan kalap membeli berbagai tanaman hias yang sedang tren namun tak mengenali karakteristiknya.

Tentukan Budget Taman

Jika kamu menggunakan jasa ahli untuk mengerjakan pembuatan taman, maka harus menyiapkan anggaran lebih untuk itu. Bahkan sebisa mungkin menyiapkan anggaran cadangan.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bisa saja anggaran membengkak akibat adanya hal-hal yang terjadi diluar planning yang Anda buat.

Supaya pembuatan taman berjalan sesuai budget yang ada, coba bagi area taman rumah menjadi beberapa bagian dan biaya yang akan timbul.

Akan lebih hemat jika kamu mengerjakannya sendiri, bukan?

Mudah kok.

Tentukan Target dan Timing Tepat

Setelah rencana cara membuat taman depan rumah sudah mantap seluruhnya, baik dari segi prosedur hingga budget, saatnya untuk mulai bekerja.

Namun, perlu di pahami kalau cara membuat taman depan rumah tidak akan mengambil waktu yang singkat, bisa bulanan hingga menahun.

Visi dalam cara membuat taman depan rumah ini memang berbeda-beda bagi tiap individu. Supaya tidak kewalahan, bagi proyek cara membuat taman depan rumah ini dalam beberapa fase dan beri target waktu yang tepat dan mudah.

Nah, sudahkah kamu siap menyulap depan rumah dengan taman hijau berbunga yang bisa buat santai?