Bukit Matang Kaladan, Eksotisme Tanah Borneo Kebanggaan Urang Banua

Ahmad Sidik
By -
Alam di tanah borneo memang menyimpan keindahan alam yang menakjubkan . baik itu gunung nya, lautanya dan hutan nya . Satu lagi kawasan bukit yang lagi booming di Instagram. Bukit itu bernama Matang Kaladan. menurut info dari blog sebelah makhluklemah.wordpress.com , Bukit ini berada di  Desa Tiwingan Lama - Kecamatan Aranio atau waduk Riam Kanan, cukup dekat dari Kota Banjarbaru. bukan bukitnya yang menjadi tujuan utama menikmati pesonanya, yakni pemandangan disekitar bukit yang terdapat danau-danau yang berleok-leok indahnya bak penari jaipong yang bergoyang menikamti irama musik . Baca Juga: Gunung dan Bukit Di Tanah Borneo
Untuk menuju  ke bukit itu cuma bermodal 5 ribu rupiah ,(itu belom biaya bensin dan makan lo yaaa...) Kita sudah bisa naik kebukit tersebut dan menikmati panaroma yang indah . Akses menuju kesana terbilang mudah . Kalo anda dari kota Banjarmasin setelah sampai bundaran Banjarbaru, pilih lurus (menuju Riam Kanan), kalo kiri ke Martapura dan kanan ke Cempaka / Pelaihari. ambil jalan yang menuju ke arah Riam kanan. tenang di sana sudah ada plang penunjuk jalan nya .setelah itu menuju desa Tiwingan dan parkir kendaraan anda dipos pertama yaitu sebuah rumah penduduk, lokasi tempat memarkir kendaraan, tepat berada di samping SD Tiwingan. setelah itu anda harus jalan kaki.
       Kembali ke perjalanan, sesampainya di pos pertama. Trek perjalanan akan mudah dikenal. Kita hanya mengikuti jalan setapak, Terdapat banyak papan informasi dari penunjuk arah Cuaca di musim kemarau yang panas ini, membuat mendaki bukit ini semakin menantang dan memacu adrenalin anda. nimati saja perjalanan anda,  waktu tempuh untuk sampai ke puncak terbilang singkat, sekitar 30 menit jika berjalan santai, 45 menit jika bersama pasangan. hehehe.....selamat menikmati perjalanan anda yaaa....salam My Trip My Adventure.

       Ini dai penampakan waduk riam kanan dari atas bukit Matang kaladan . selamat berwisata.
Baca Juga: Ranukumbolonya Kalsel yang Indah