Bambo Rafting, Pemacu Adrenalin Di Loksado

Ahmad Sidik
By -

Loksado, Hulu Sungai Selatan.

Bila menyukai olahraga air terutama rafting, Loksado adalah satu tempat yang menjadi daftar petualangan yang harus dikunjungi.  Loksado adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Letak geografis Loksado yang berada di Pegunungan Meratus membuat Loksado memiliki banyak destinasi wisata air terjun.


Perjalanan menuju Loksado, memang perlu perjuangan. Diperlukan perjalanan darat dengan waktu tempuh sekitar 4 jam dari Banjarmasin. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, pilih saja angkutan menuju Kandangan, ibukota kabupaten Hulu Sungai Selatan.   Selanjutnya dari Kandangan menuju Loksado dapat ditempuh sekitar 1 jam. Kondisi jalanannya cukup terjal, namun sudah sangat mulus.

Rafting yang dilakukan di Loksado cukup unik, karena bukan menggunakan perahu karet seperti biasanya. Water sport ini lebih menantang karena hanya menggunakan rakit bambu, rafting ini lebih dikenal dengan sebutan Balanting Paring atau Bamboo rafting, di mana setiap rakit bambu hanya berisi maksimal 3 penumpang, dengan seorang pemandu yang sudah berpengalaman. Rafting ini biasanya dilakukan di sungai Amandit. Waktu yang di tempuh sebuah bamboo rafting bisa mencapai 2 – 3 jam. Bamboo rafting di Loksado Kalimantan Selatan, memang menegangkan. Namun jangan khawatir, karena selama perjalanan didampingi joki ahli. Para Joki bahkan kadang menampilkan tingkah yang menambah ketegangan, seperti meloncat-loncat di atas lanting. Percayakan saja pada joki ya, agar sensasi saat mengikuti bamboo rafting dapat terasa sempurna.


Bukan hanya menguji andrenalin, akan ditemui pemandangan alam yang luar biasa. Selain itu juga ditengah perjalanan, akan terlihat kegiatan suku Dayak Meratus. Bamboo rafting akan berakhir disebuah Desa bernama Tanuhi. Meski tak berada dikawasan gunung berapi, Desa Tanuhi memiliki sumber air panas alami yang berasal dari gas bumi. Jika merasa sangat lelah setelah menikmati perjalanan bamboo rafting, cobalah berendam di Tanuhi untuk melemaskan kembali otot-otot yang tegang.
Jika ingin menikmati keindahan alam Laksado, sebaiknya menyiapkan 2 hari. Untuk pilihan penginapan di Laksado, terdapat bermacam-macam harga yang sesuai dengan fasilitasnya. Hari pertama bisa digunakan untuk menguji adrenalin dan hari kedua bisa digunakan penuh untuk menikmati keindahan alam serta menjajal Desa Malaris yang memiliki wisata Balai Adat.


Sumber. Smartfm Banjarmasin 101.1 FM