RESENSI NOVEL : INSHAA ALLAH SAH !

Ahmad Sidik
By -
JUDUL            : INSYA ALLAH SAH ! 
PENULIS       : ACHI TM
PENERBIT     : PT. GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

Pernikahan merupakan ikatan yang suci antara dua insan laki-laki dan perempuan. semua orang ingin pernikahannya berjalan lancar, baik ketika persiapan pra nikah atau ketika waktu acara pernikahan itu tiba. Bicara tentang pernikahan tidak terlepas dari masalah jodoh, jodoh memang rahasia tuhan manusia hanya bisa berencana, tapi keputusan akhir tetap berada dalam kekuasaan tuhan. Achi TM lewat sebuah novel yang berjudul Insya Allah Sah ingin menceritakan kepada kita bahwa jodoh memang rahasia tuhan.
Dalam novel ini menceritakan seorang gadis bernama Silviana Harini yang mempunyai butik bernama Silviana Sexy Boutique. Dia mempunyai kekasih bernama Dion yang merupakan seorang produser label rekaman musik. Mereka sudah menjalin hubungan hampir 4 tahun dan Silvi ingin sekali segera dilamar dan menikah dengan dion. Kisah tokoh Silviana yang sudah akrab dengan keseharian kita ini , kadang juga mengundang tawa dan haru.
Semua kisah seru yang penuh tawa dan harubermula ketika Silvianaterjebak di dalam lift bersama dengan seorang cowok culun bernama Raka. Saat itu Silvi sedang terburu-buru untuk segera menemui kekasihnya Dion di kantornya. Kesialan yang ia dapat di hari itu mulai dari diomeli oleh pelanggan butiknya, mobil yang mogok dan sebagainya. Ternyata tidaklah cukup untuk membuat Silvi menderita dan kesal, Padahal tinggal sedikit lagi ia bisa bertemu dengan pujaan hatinya, tapi ia malah terjebak di dalam lift kantor bersama Raka. Karena panik dan ingin segera keluar dari lift, Silvi berdoa agar lift segera hidup. Tapi lift tetap tidak bergerak, Sampai saat ia hampir putus asa ia pun bernazar akan memakai jilbab kalau lift kembali hidup. Tuhan pun mendengar nazarnya dan kemudian pintu lift pun terbuka, Tidak ada seorangpun yang mengetahui nazar Silvi kecuali Raka.
Raka merupakan teman sekantor Dion. Karena hal itulah lambat laun Silvi menjadi sering bertemu Raka. Raka sangat berbeda dengan Dion, Raka cenderung orang yang menjalankan peraturan agama dengan baik sementara Dion tidak. Kadang kala Silvi merasa tidak nyaman dengan keberadaan Raka. menurut silvi raka mirip dengan kaira teman akrab silvi yang suka menceramahinya. Apalagi Raka sering mengingatkan Silvi tentang nazar yang pernah terucap dari mulut Silvi untuk berjilbab.
Raka ternyata sama saja dengan Kiera, yang selalu mengingatkan Silvi untuk berjilbab, Tapi Silvi tidak peduli dan malah mencap Raka adalah orang yang menyebalkan. Silvi sedang fokus untuk mengurus pernikahannya dengan Dion yang tinggal hitungan Bulan. tidak semudah itu untuk mengurus pernikahan. Ada saja hal yang menghambat persiapan pernikahan Silvi dengan Dion. Sampai saat pernikahannya tinggal menghitung hari, Dion harus bertugas untuk keliling Indonesia selama 60 hari. Mulai saat itu, Dion mempercayakan Raka untuk menemani Silvi mengurus seluruh kebutuhan pernikahan. Raka yang alim itu tidak bisa hanya pergi berdua saja dengan Silvi, melainkan harus mengajak adik kandung Silvi yang tergabung dalam girlband Chic-Chic. Pergi mengurusi pernikahan bersama Raka dan anggota Chic-Chic malah tidak mempermulus langkah Silvi. Adik dan teman-temannya yang selalu ramai itu malah banyak sekali membuat kekacauan, bahkan membuat Silvi jadi membenci Raka yang selalu ceramah di segala waktu.

Perlahan demi perlahan Silvi mulai menyadari akan sesuatu hal. Tekad dan niat bulatnya yang dulu pernah menjadi nazarnya, ternyata mendapat pertentangan dari banyak orang, terutama Dion. Ternyata dion tidak suka dengan cewek berjilbab. Silvi sangat terpukul hatinya oleh kata-kata calon suaminya itu.
Hingga pada menjelang hari H pernikahanya, silvi mendapatkan kabar menyakitkan bahwa dion menggagalkan pernikahan yang telah disiapkan dan dion menikah dengan wanita lain. begitu terpukul hati silvi, pernikahan sudah siap dan undangan telah disebar. Disaat seperti itu Raka muncul sebagai pangeran yang menggantikan posisi dion. Raka yang telah lama mencintai silvi secara diam-diam akhirnya menikmati buah kesabaranya. Begitu juga silvi yang pernah mengagumi akhirnya menerima pinangan Raka. Mereka pun menikah dan Sah menjadi suami istri.
Jodoh memang sebuah rahasia. Manusia hanya mampu menerka-nerka, namun tuhan juga lah yang menentukan. Novel seputar pencarian jodoh dan hidayah berjilbab ini membuat kita berkaca, bahwa jodoh terbaik sudah tuhan tentukan. Tinggal memperbaiki diri dan jodoh akan datang di saat yang tepat dan penuh hikmah.
Editor: Ahmad Sidik