Es Kelapa Muda NTB Khas Mas Item, Rp. 15 Juta !!

Ahmad Sidik
By -

 
Lalu Gunawan Farte, itulah nama aslinya. Dia adalah penjual es kelapa muda khas Nusa Tenggara Barat (NTB) di pertigaan jalan Abdul Muis Redhani Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan.
 
Gunawan, begitu biasa Ia disapa.  Sebelum ia nekad jualan Es Kelapa Muda, sebelumnya ia ikut kerja bersama rekan-Nya yang juga asli orang NTB, yang merantau ke Kalimantan Selatan, tepatnya di Amuntai.
 
Saat itu Gunawan, ikut berjualan ES Kelapa Muda, kerja mulai dari mengupas buah kelapa, meracik, melayani pembeli hingga mencuci gelas yang kotor. Semua ia lakukan dengan tekun dan penuh semangat.
 
Rekan-nya tersebut selalu mengajari Gunawan cara meracik Es Kelapa Muda yang segar dan nikmat. Hingga pada akhirnya ia mulai mahir dan bisa.

Ia pun nekad untuk membuka sendiri usaha Es Kelapa Muda tersebut. Dengan modal awal ngutang sebesar Rp2,5 juta, Ia mulai jualan sekitar tahun 2014.

Baca Juga: Ranu Kumbolonya Kalsel Yang Indah 

Saat ditemui di tempat berjualan di Barabai, Gunawan (28 tahun) atau dipanggil sehari-hari pelanggan dengan sebutan mas item menjelaskan walaupun kulitnya hitam siapa sangka penghasilannya melebihi gaji PNS Esselon II. Kata dia kalau lagi rame, Ia bisa meraih omset Rp. 500 sampai Rp.700 ribu perharinya.
 
Menurut laki-laki yang Hobi Memanah ini, Walalaupun pekerjaannya terlihat sederhana kalau dihitung, penghasilan terendah Rp500 ribu dikalikan 30 hari berarti memperoleh omset Rp15 juta perbulannya. 
Baca Juga: Tips Isi Ulang Tinta Printer
Menurut ayah satu orang anak ini, Kunci agar bisa sukses dan bertahan dengan usaha yang dimiliki adalah dengan ikhlas serta tekun dalam menjalaninya.
 
Gunawan menceritakan perjuangannya jualan es kelapa muda itu sebenarnya banyak juga rintangan mulai dari awal jualan yang sempat ngutang dan ketika masuk musim penghujan pernah memperoleh hanya Rp40 ribu sehari.

Awal-awal jualan menurut dia memang masih berat dan sepi, karena  belum banyak orang yang tahu Es kelapa Muda NTB yang menggunakan gula merah sebagai pemanisnya, namun lama-kelamaan akhirnya dia mempunyai langganan dari berbagai kalangan mulai dari polisi, TNI, ASN sampai anak-anak pelajar yang selalu nongkrong ketika pulang sekolah.
 
Dia mengungkapkan sangat mengutamakan kualitas rasa dengan tanpa pemanis buatan dan air kelapa murni tanpa campuran air putih, serta yang membuat beda adalah resep gula merahnya tersebut adalah warisan leluhurnya dari NTB.

Tak hanya hobi Memanah, Laki-laki yang juga memiliki keahlian sulap ini pun tak segan menghibur para pembelinya dengan penampilan sulapnya, dengan demikian pembeli pun  merasa betah, senang  dan ingin kembali singgah untuk membeli Es kelapa muda tersebut.

Bersedekah adalah kunci usahanya bisa sukses dan bertahan hingga saat ini, tak tanggung-tanggung, dia hampir selalu mengratiskan jika ada teman-temannya singgah di tempat ia berjualan.
 
Menurutnya sedekah adalah kunci pembuka rezeki. Ia juga bermimpi, ke depannya Ia merencanakan untuk membuka cabang di Kabupaten lain yang masih dalam lingkup Kalimantan Selatan, seperti yang sudah dilakukan saat ini yakni di Binuang dan Kota Banjarbaru.
 
Ayo bagi kalian yang dari Banjarmasin ke arah Hulu Sungai. Singgah dan coba in Kesegaran Es Kelapa Muda NTB Mas Item. lokasinya tepat di pertigaan / tugu Daun Selamat Datang Kota Barabai di Mandingin.

(Edit:Sd).