Ngobrol bareng teman memang mengasyikan.apalagi mengobrol ataubergosipdengan teman-teman sekantor .dan lebih asik lagi disaat-saat
senggang ketika boss tidak ada. Namun adakalanya kegiatan seperti ini harus
dibatasi, karena selain bisa menurunkan
produktivitas kerja, waktu kita jadi tersita dan penilaian atasan juga jadi
minus terhadap karyawannya.
Tapi bagaimana kalau kebetulan kita adalah seorang
atasan? Apakah kita dapat mentolerir halyang boleh dibilang sebagai “kegiatan karyawan di waktu senggang” ?!
Saran terbaik adalahmemulainya dengan
mengurangi frekuensi mengobrol dengan rekan kerja lain. Hal ini bisa
dijadikan contoh yang baik bagi para bawahan. Selain itu kita juga bisa
menjelaskan bahwa dalam rangkaian kerja, suatu keterlambatan di satu bagian
mengakibatkan kefatalan di rangkaian lain. Dan yang tidak kalah pentingnya,
ada baiknyakita memeriksa beban tugas
para bawahan, apakah cukup sesuai dengan kapasitas dan waktu yang tersedia atau tidak.