Rumah Idaman Pilihan Para Pasangan Muda, Ini Ulasannya

Ahmad Sidik
By -

 

Pinterest | Rumah

Untuk anda pasangan muda yang baru menikah, maka kamu telah menjajaki tahapan baru dalam kehidupan. Setelah menikah tentunya kalian akan tinggal bersama dalam satu rumah.

Bagi pasangan muda, memiliki rumah idaman tentunya sebuah impian besar. Namun, perlu kalian ketahui mencari rumah merupakan tantangan, bahkan bisa dibilang sama rumitnya seperti cari pasangan hidup.

Mengapa demikian, karena rumah merupakan kebutuhan utama jadi dalam mencari rumah tidak boleh sembarangan.

Menurut beberapa sumber, mencari rumah idaman bukan hanya soal harga. Tapi juga ada sederet kriteria lain yang perlu terpenuhi dan diketahui. Oleh sebab itu, mendapatkan rumah sesuai harapan emang susah-susah gampang.

Nah, biar gak salah pilih dan ujung-ujungnya nyesal, ada 4 cara cerdas cari rumah idaman buat pasangan muda yang baru membina rumah tangga.

1. Budget Sesuaikan

Sebagai pasangan muda, tentunya kita akan banyak mengeluarkan budget di awal sebagai bentuk penyesuaian karena telah berumah tangga.

Jadi, sebelum mencari rumah tetapkan dulu budget maksimum yang ingin dikeluarkan untuk membeli rumah. Umumnya alokasi cicilan rumah sebesar 30 persen.

Dengan aturan tersebut, hitunglah berapa besar uang cicilan yang mampu kamu bayarkan tiap bulannya.

Selain itu, jangan lupakan uang muka. Jika membeli secara mencicil, baiknya kamu telah memiliki 20-30 persen dari total biaya untuk uang muka. Setelah mengetahui besaran budged ini, baru lah menuju ke tahap selanjutnya.

2. Pertimabangkan Lokasi

Dalam membeli rumah harus mempertimbangkan masalah jarak. Karena hal tersebut akan memengaruhi kenyamanan rumah. Pasti kamu tidak mau memiliki rumah yang jauh dari tempat kerja atau dari pasar.

Cek juga apakah jalan menuju rumahmu cukup luas untuk dilalui kendaraan dan bebas dari lubang. Jika area perumahan sedang mengalami pembangunan, cari tahu prospek perkembangan infrastruktur yang mungkin terjadi kedepan.

3. Reputasi Pengembang

 Memilih pengembang yang benar merupakan suatu keharusan agar terhindar dari pengembang nakal, cek kredibilitas dan rekam jejak pengembang.

Untuk mengecek reputasi pengembang, bisa melihat dari media digital maupun media massa terkait info perumahan. Selain itu, juga bisa menghubungi Yayasan Lembaga Konsumen dan Lembaga Advokasi Konsumen Properti Indonesia.

Kalau ingin aman, mending lebih memilih pengembang yang telah bekerja sama dengan bank. Bank biasanya telah melakukan evaluasi pengembang, mulai dari sertifikat dan fasilitas-fasilitas yang disediakan sebelum menjalin kerja sama.

4. Survey Terlebih Dahulu

Carilah informasi sebanyak mungkin, agar rumah yang dibeli nanti sesuai dengan apa yang diinginkan.

Survei merupakan strategi yang tepat dalam mencari informasi, selain itu jangan segan-segan mengumpulkan berbagai brosur promosi perumahan.

Serta saat melakukan survei ingatlah hal ini, sebaiknya pilih rumah yang menghadap sinar matahari pagi agar rumah gak lembab dan tidak panas saat malam dan pastikan apakah rumah yang kamu incar menawarkan garansi atau tidak. (sd)